XIDR

Akademi StraitsX #1: Apa itu DeFi?

StraitsX
February 17, 2022

Decentralised Finance, atau DeFi, Keuangan Terdesentralisasi, atau DeFi, mendapatkan daya tarik di seluruh dunia. Angkanya tidak sedikit — menurut DeFi Pulse, agregator data DeFi, total nilai yang dikunci (TVL) untuk Dolar AS (USD) telah meningkat tiga kali lipat sepanjang tahun 2021.

Sekitar US$30 miliar dikunci di banyak jaringan dan aplikasi DeFi seperti DFX, UniSwap, ZilSwap, dan lainnya pada Januari 2021. Jumlah ini meningkat menjadi US$90 miliar pada akhir Desember 2021. Tentu ada alasan untuk peningkatan daya tarik ini, yang akan kita jelajahi di bawah ini.

Apa itu DeFi?

Pada dasarnya, "DeFi" adalah singkatan dari "Keuangan Terdesentralisasi".

"Keuangan" sendiri adalah istilah umum yang masih agak kabur, dan menambahkan kata "terdesentralisasi" membuatnya semakin kabur. Jadi bagaimana kita memahami DeFi?

Analogi keuangan dengan perjalanan

Pikirkan keuangan sebagai jaringan jalan raya, bandara, pelabuhan laut, dan semuanya saling berhubungan.

Bayangkan Anda seorang musafir dan Anda ingin pergi ke tempat tujuan Anda untuk bertemu dengan orang yang Anda cintai. Anda memiliki sejumlah pilihan untuk sampai ke sana. Anda bisa sampai di sana dengan pesawat, mobil, perahu, atau bahkan dengan berjalan kaki. Anda memilih untuk pergi menemui kekasih Anda dengan mobil, misalnya.

Dalam perjalanan ke tujuan Anda, Anda bertemu dengan otoritas imigrasi. Ada seseorang, atau suatu entitas, yang berjaga di perbatasan. Dengan asumsi Anda lulus semua pemeriksaan, Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda.

Setelah berurusan dengan imigrasi, Anda menemukan tol di sepanjang jalan. Secara teori, tol memungut biaya dari turis untuk biaya pemeliharaan jalan. Namun dalam praktiknya, apakah uang tol yang Anda bayarkan benar-benar digunakan untuk pemeliharaan jalan? Ada retakan di mana-mana, dan masih butuh waktu lama untuk sampai ke suatu tempat. Terlebih lagi, Anda tidak tahu secara spesifik ke mana uang tol Anda mengalir.

Pada dasarnya ini adalah dunia keuangan tradisional. Untuk melakukan transaksi, Anda harus melalui banyak perantara, membayar banyak biaya, atau keduanya.

Dalam analogi di atas, imigrasi adalah perantara yang menyaring Anda dalam perjalanan ke tujuan Anda. Demikian juga, dalam keuangan tradisional, perantara termasuk bank, lembaga keuangan, badan pengatur, dan banyak lagi. Tol adalah biaya sewenang-wenang (arbitrary cost) yang dikenakan oleh bank atau lembaga keuangan untuk menggunakan layanan mereka. Terkadang mereka bisa masuk akal, terkadang tidak.

Apa yang ingin dilakukan DeFi?

DeFi bertujuan untuk menyediakan layanan keuangan tradisional, tanpa perantara atau dokumen. Semuanya didokumentasikan secara publik dan tersedia di jaringan blockchain, dan semua pekerjaan dilakukan oleh algoritme otomatis.

Cara Anda bertransaksi dengan pihak pilihan Anda adalah dengan cryptocurrency jaringan blockchain pilihan Anda, seperti Ether (ETH) di jaringan Ethereum.

Idealnya, DeFi bertujuan untuk selalu aktif, 24 jam sehari, 7 hari seminggu, tetapi terkadang bahkan beberapa jaringan blockchain terbesar seperti Ethereum dapat mengalami downtime. Namun, DeFi memiliki banyak keuntungan bagi orang biasa dibandingkan dengan keuangan tradisional.

Bagaimana DeFi berbeda dari keuangan tradisional?

Untuk lebih menggambarkan perbedaan antara DeFi dan keuangan tradisional, kami telah merangkum faktor-faktor yang membedakan keduanya:

DeFi (Decentralised Finance)

 

DeFi (Decentralised Finance)

Keuangan Tradisional atau Terpusat

Pengguna

Semua orang dengan akses ke Internet

Investor yang memiliki koneksi terhadap keuangan tradisional

Bagaimana uang disimpan

Uang disimpan sebagai cryptocurrency di jaringan blockchain peer-to-peer

Uang disimpan sebagai uang tunai, obligasi, atau barang berharga seperti emas di perbendaharaan institusi atau bank

Ketersediaan

24 jam sehari, 7 hari seminggu

Tergantung pada jam perdagangan bursa terpusat


(Contoh NYSE 09:30 hingga 16:00 hanya pada hari kerja)

Transparansi

Selalu terlihat di jaringan blockchain

Perlu menunggu berbulan-bulan sebelum hasil audit independen keluar

Waktu transaksi

Dalam 15 menit

Dalam 3 hari kerja

Kapitalisasi pasar

(Desember 2021)

~US$90 billion

~US$28.2 trillion (NYSE) ~US$24.1 trillion (NASDAQ) ~US$7.77 trillion (SSE)

 

Tentu saja, ada beberapa kekurangan untuk DeFi. Menggunakan DeFi berarti Anda harus memiliki koneksi internet yang stabil, dan infrastruktur teknologi seperti menjalankan listrik, komputer atau ponsel.

Biasanya, ini bukan masalah di negara-negara maju seperti Singapura, tetapi untuk beberapa bagian dunia seperti Indonesia, tidak semua seperti itu.

Faktanya, 66% penduduk Indonesia, atau 180 juta orang, tidak memiliki rekening bank, dan kurang dari 40% pengguna smartphone di Indonesia pernah menggunakan aplikasi layanan keuangan. Untuk menyebutkan beberapa dari aplikasi ini, pikirkan Venmo di AS, PayNow di Singapura, atau bahkan menggunakan aplikasi resmi bank mereka asing bagi banyak orang Indonesia.

Akuntabilitas juga merupakan poin penting lain yang dikemukakan oleh para kritikus DeFi. Ya, semua transaksi dicatat di jaringan blockchain, tetapi identitas Anda adalah nama samaran. Anda diidentifikasi di jaringan blockchain sebagai rangkaian huruf dan angka yang tidak dapat dipahami, bukan sebagai John Doe dari California, AS. Bagi sebagian orang, ini adalah hal yang baik, tetapi bagi banyak orang lain, mungkin tidak.

Seperti disebutkan di atas, jaringan blockchain rentan terhadap pemadaman, dan jaringan ini juga tidak kebal terhadap biaya. Contoh terbesar dari ini adalah Ethereum, yang membebankan “biaya gas” untuk menggunakan jaringan blockchain-nya.

Terakhir, badan pengatur di seluruh dunia menambahkan peraturan saat DeFi mendapatkan daya tarik. Di Singapura, token DeFi diatur oleh Securities & Futures Act (SFA), dan Payment Services Act (PSA), sedangkan di Indonesia belum ada undang-undangnya.

Dengan semua itu, DeFi membuka dunia kemungkinan bagi mereka yang baru saja mencelupkan kaki mereka ke dalamnya.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan DeFi?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan DeFi:

  1. DeFi mendemokratisasikan kegiatan keuangan sehingga setiap orang memiliki akses ke jaringan dengan koneksi internet.
  2. DeFi memotong perantara dan biaya lainnya.
  3. Hambatan masuk DeFi relatif rendah, masukkan berapa pun jumlah uang yang Anda inginkan dan raih hasil yang menarik.
  4. DeFi memungkinkan pengguna untuk mencetak, menukar, dan menebus stablecoin di berbagai jaringan blockchain seperti DFX, UniSwap, ZilSwap.
  5. DeFi memungkinkan pembelian NFT tanpa dikunci ke jaringan tertentu.
  6. DeFi memungkinkan siapa saja untuk menyediakan likuiditas. (Lebih lanjut tentang penyediaan likuiditas di artikel selanjutnya!)
  7. DeFi selalu aktif, dan memiliki waktu transaksi yang relatif cepat

DeFi Adalah Masa Depan

Ada banyak kasus penggunaan untuk DeFi, tetapi di balik semua itu, DeFi bertujuan untuk membuat aktivitas keuangan menjadi lebih efisien, tanpa batas, dan lebih tersedia. Tentu, Indonesia masih memiliki jalan panjang untuk menyediakan akses keuangan dasar bagi penduduk yang tidak memiliki rekening bank, tetapi itu berarti ketika mereka akhirnya bergabung, mereka akan melakukannya dengan pandangan baru.

StraitsX berada di posisi yang tepat untuk menyediakan fondasi dasar dunia DeFi yang berkembang pesat, dan keuangan tradisional pada umumnya. Dengan DeFi mendapatkan begitu banyak perhatian di seluruh dunia, tidak dapat dihindari bahwa kehidupan setiap orang akan terhubung dengannya.

Bagaimana cara memulai DeFi di StraitsX?

Ada banyak sekali jumlah aplikasi DeFi di seluruh web. Tetapi jika Anda mencari basis untuk memulai, StraitsX memiliki beberapa mitra yang dapat Anda manfaatkan:

  1. DFX, protokol valuta asing terdesentralisasi di mana Anda dapat menukar token ERC-20 XSGD atau XIDR dengan stablecoin lain, dan menyediakan likuiditas dengan XSGD atau XIDR
  2. Uniswap, salah satu protokol valuta asing terdesentralisasi terkemuka di mana Anda dapat menukar token ERC-20 XSGD atau XIDR dengan stablecoin lain, dan menyediakan likuiditas dengan XSGD atau XIDR
  3. Zilswap, protokol valuta asing terdesentralisasi tempat Anda dapat menukar token ZRC-2 XSGD atau XIDR dengan stablecoin atau aset lain seperti NFT


Seperti disebutkan di atas, DFX, Uniswap, dan Zilswap memungkinkan penggunaan XSGD atau XIDR sebagai stablecoin pilihan Anda. Ini sangat menguntungkan bagi Anda, karena menghemat sakit kepala karena perlu mengonversi mata uang kripto atau mata uang fiat yang ada ke USDC, stablecoin terkemuka di dunia. Cukup bertransaksi dalam fiat asli Anda, atau mata uang tunai.

Bagaimana cara mendapatkan XSGD atau XIDR di StraitsX?

Ini adalah proses yang sederhana:

  1. Mendaftar untuk Akun Pribadi StraitsX atau Akun Bisnis StraitsX.
  2. Verifikasi identitas Anda dan unggah dokumen yang diperlukan.
  3. Lakukan Transfer Masuk dari rekening bank Anda ke Akun Pribadi StraitsX atau Akun Bisnis StraitsX Anda untuk mendapatkan XSGD atau XIDR.
  4. Transfer Keluar XSGD atau XIDR Anda ke salah satu mitra DeFi kami: DFX, Uniswap, dan Zilswap.
  5. Mulailah perjalanan DeFi Anda!

Ready to get started?

Mint and redeem StraitsX stablecoins, manage payments, view transactions and more.