XIDR

Akademi StraitsX #3: Jenis-jenis Dompet Aset Digital

StraitsX
March 3, 2022

Memilih dompet yang tepat untuk menyimpan aset digital sangat penting untuk memastikan aset Anda tetap aman. Selain bisa menyimpan, dompet kripto juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima aset digital serta berinteraksi dengan entitas yang berbeda seperti platform DeFi dan aplikasi berbasis blockchain lainnya.

Terdapatlebih dari 150 dompet kripto yang tersedia di pasar, yang terdiri dari custodial, non-custodial, hot dan cold wallet. Jadi, wajar jika Anda kebingungan dalam memilih dompet yang paling cocok untuk Anda

Apa itu dompet aset digital?

Aset digital atau dompet kripto digunakan untuk menyimpan mata uang kripto. Dompet kripto ini juga dapat menyimpan aset digital lainnya seperti NFT, atau non-fungible tokens. Konsepnya  agak mirip dengan konsep dompet uang tunai fisik. Anda dapat memilih untuk menyimpan uang tunai di saku, rekening bank, atau pun dalam brankas di rumah. Dengan dompet kripto, Anda juga dapat memilih untuk menyimpan kripto, NFT, atau aset digital lainnya di exchange, di dompet kripto, dan di perangkat keras.

Karena platform aset digital rentan terhadap peretas, memiliki dompet aset digital sendiri memungkinkan Anda memiliki keamanan dan kontrol yang lebih baik atas aset Anda, seperti bagaimana Anda memiliki kendali penuh atas uang tunai di dompet fisik Anda.

Apa itu kunci pribadi dan publik?

Dompet aset digital dilengkapi dengan kunci pribadi dan publik. Kunci publik Anda mengacu pada alamat dompet Anda. Mirip dengan nomor rekening bank, Anda dapat membagikan kunci publik Anda kepada seseorang yang ingin mengirim aset digital kepada Anda..

Di sisi lain, kunci pribadi adalah kata sandi untuk mengakses dompet Anda. Pastikan dompet yang Anda pilih mendukung cryptocurrency dan blockchain yang Anda miliki, jika tidak Anda akan kehilangan aset tersebut saat mentransfernya ke dompet yang tidak dapat mendukungnya.

Apa perbedaan antara custodial vs non-custodial wallet?

"Bukan kunci Anda, bukan kripto Anda." Konsep ini merangkum perbedaan antara custodial dan non-custodial wallet.

Inti dari custodial wallet: Anda tidak memiliki kunci pribadi Anda.

Custodial wallet populer di kalangan pemula karena jauh lebih mudah dibuat, dan banyak disediakan oleh crypto exchange. Exchange ini yang memegang kunci pribadi Anda dan mereka berfungsi sebagai perantara antara Anda dan jaringan blockchain

Namun, ada yang harus dibayar untuk kenyamanan ini. Karena dimiliki dan dikelola oleh pihak ketiga, privasi dan keamanan Anda berkurang. Jika exchange ini diretas, Anda memiliki peluang untuk kehilangan aset digital Anda.

Bagaimana dengan non-custodial wallet? Anda memiliki kunci pribadi Anda.
Untuk alasan di atas, sebagian besar pengguna tingkat lanjut lebih memilihnon-custodial wallet karena memberi kendali penuh atas aset digital dan memungkinkan Anda berinteraksi dengan platform DeFi. Dengan kepemilikan penuh atas kunci pribadi Anda, Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas keamanan dana Anda. Itu berartinon-custodial wallet memerlukan lebih banyak pengetahuan teknis karena jika Anda salah meletakkan kunci pribadi, Anda bisa kehilangan akses ke aset digital Anda.

 

Custodial

Non-custodial

Kontrol Pengguna

  • Anda tidak memiliki kunci pribadi
  • Dikontrol oleh pihak ketiga
  • Anda memiliki kunci pribadi
  • Anda memiliki kontrol penuh atas aset digital Anda

Aksesibilitas

  • Lebih mudah diakses bagi pemula karena merupakan bagian layanan dari exchange
  • Lebih sulit diakses bagi pemula yang harus menyimpan kunci pribadi dengan aman

Keamanan Cyber

  • Mudah diserang peretas karena konektivitas ke Internet
  • Aman dari ancaman peretas tanpa koneksi Internet, tapi pengguna harus menyimpan kunci pribadi dan frase pemulihan

Biaya Dompet untuk penyimpanan

  • Tergantung jenis dompet
  • Tidak

Biaya Dompet untuk penarikan

  • Tergantung jenis dompet
  • Tidak

Kemudahan Penggunaan

  • Ramah pengguna dengan UI dan tim support yang interaktif
  • Membutuhkan pengetahuan teknikal dan keahlian karena tim support yang terbatas

Apa itu hot dan cold wallet?

Selain jenis custodial dan non-custodial wallet, dompet aset digital dapat dikategorikan sebagai hot atau cold wallet.

Perbedaan utama antara hot atau cold wallet adalah hot wallet terhubung ke internet, sedangkan cold wallet tidak. Oleh karena itu, cold wallet dianggap sebagai opsi yang lebih aman untuk cryptocurrency atau aset digital Anda.

Hot wallet: Terhubung ke Internet untuk akses yang cepat

Dalam sehari-hari, pengguna aset digital  lebih suka menggunakan hot wallet karena konektivitasnya. Hot wallet sering kali merupakan aplikasi di komputer atau ponsel Anda yang menyimpan aset digital untuk akses langsung saat Anda ingin memperdagangkan atau membelanjakannya. Hot wallet terkadang memiliki fitur keamanan tambahan untuk menjaga aset Anda dari potensi peretasan, seperti kode PIN atau otentikasi 2 faktor (2FA).

Cold wallet: Offline dan aman dari ancaman dunia maya

Pengguna cryptocurrency tingkat lanjut (“HODLers”) lebih suka menggunakan cold wallet karena keamanannya. Cold wallet dianggap sebagai solusi penyimpanan yang lebih aman karena tidak terhubung ke internet. Sebagai gantinya, kunci pribadi di cold wallet disimpan secara offline di perangkat fisik seperti kertas atau drive perangkat keras. Dompet dingin bekerja dengan baik untuk penyimpanan jangka panjang karena tidak menghadapi ancaman dunia maya seperti hot wallet.

Jenis pertama dari cold wallet adalah dompet kertas, diperkenalkan pada tahun 2011. Bahkan, saat itu dompet kertas adalah salah satu jenis dompet yang paling direkomendasikan, hingga popularitasnya berkurang pada tahun 2016. Seperti namanya, dompet kertas hanyalah selembar kertas dengan dua kode QR —  alamat publik dan kunci pribadi. Meskipun benar-benar offline dan “tidak dapat diretas”, tapi bagaimanapun juga, kertas adalah materi yang rapuh yang bisa dengan mudah hilang atau dicuri. Dengan banyaknya opsi cold wallet perangkat keras yang ada di pasar saat ini, Anda lebih baik tidak bergantung pada selembar kertas yang rapuh.

Ada banyak pilihan cold wallet di pasar saat ini – contoh yang paling populer adalah Ledger Nano X dan Trezor Model T. Ledger juga bermitra dengan StraitsX karena keramahan pengguna dan kompatibilitasnya dengan stablecoin kami, XIDR dan XSGD.

Ledger Nano X dan Trezor Model T bekerja sama dalam hal pelaksanaan transaksi – sehingga hanya dapat diselesaikan (atau “disiarkan”) ketika pengguna menyetujui (atau “menandatangani”) transaksi dengan mengklik perangkat secara fisik. Namun, merek dan model lain mungkin berbeda dalam cara kerjanya.

 

Hot wallet

Cold wallet

Aksesibilitas

Lebih mudah diakses

Lebih sulit diakses

Konektivitas

Online

Offline

Keamanan Cyber

Kurang aman

Lebih aman

Hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam memiliki non-custodial wallet Anda sendiri

Non-custodial wallet berarti Anda adalah pemilik tunggal dan penjaga kunci pribadi Anda, yang biasanya berbentuk frase sebanyak 12, 18, atau 24 kata, atau bisa juga rangkaian angka dan huruf yang sangat panjang. Umumnya, memiliki kunci pribadi Anda dalam 12, 18, atau 24 kata frase pemulihan lebih disukai karena lebih mudah diingat dan digunakan.

Menyimpan frase pemulihan Anda

Ada beberapa cara untuk menyimpan frase pemulihan Anda:

  • Steel capsules

Ini adalah salah satu cara yang paling hemat biaya, portabel, dan tahan lama untuk menyimpan frase pemulihan Anda – frase tersebut hampir tidak dapat dihancurkan dan Anda hanya perlu membayar sekali untuk keamanannya. Kebanyakan steel capsules cukup portabel, beberapa di antaranya berbentuk kartu kredit, sementara yang lain lebih imajinatif, seperti tabung.

  • Safe deposit box / Brankas

Anda dapat menyimpan frase pemulihan Anda di brankas. Safe deposit box seperti ini biasanya disewakan oleh bank.

  • Perangkat memori

Anda dapat menyimpan frase pemulihan pada perangkat memori offline seperti kartu SD, drive USB, SSD eksternal, atau CD, dan banyak lainnya. Namun, Anda perlu memastikan bahwa perangkat memori Anda tidak terpapar ke perangkat online atau perangkat yang disusupi. Perangkat memori juga tidak tahan lama karena adanya degradasi memori.

Anda dapat menggunakan kombinasi cara yang disebutkan di atas untuk menyimpan frase pemulihan Anda dan menyimpan beberapa bagian yang terpisah di lokasi yang berbeda, seperti berburu harta karun. Hal tersebut tentu akan mempersulit orang lain untuk menemukan frasa pemulihan Anda, tetapi juga akan menambah kerumitan untuk Anda sendiri.

Seperti semua aset digital, Anda perlu melacak kunci pribadi atau frase pemulihan Anda. Jika Anda kehilangan akses ke kunci pribadi atau frase pemulihan, Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali aset digital Anda. Begitulah nasib Stefan Thomas, yang kehilangan akses ke 7.002 Bitcoin (BTC)-nya karena kehilangan frase pemulihannya. Anda adalah satu-satunya penjaga aset digital Anda.

Selain itu, memiliki non-custodial wallet juga memungkinkan Anda berpartisipasi dalam protokol Desentralised Finance (DeFi) yang hadir dengan tingkat otonomi dan transparansi biaya yang jauh lebih tinggi, dibandingkan dengan industri keuangan tradisional yang sangat diatur.

Bagaimana cara saya mendapatkan non-custodial wallet?

StraitsX memiliki banyak mitra-mitra dalam Ekosistem StraitsX yang menyediakan dompet yang mudah untuk digunakan. Anda bisa menyimpan, mengirim atau menerima stablecoin StraitsX dengan aman dan cepat.

  1. Daftar Akun Pribadi StraitsX atau Akun Bisnis StraitsX.
  2. Unggah dokumen yang diperlukan untuk memverifikasi identitas Anda.
  3. Lakukan Transfer dari rekening bank Anda untuk mint XSGD atau XIDR.
  4. Buat dompet non-custodial Anda sendiri dengan mitra kami untuk transfer XSGD atau XIDR Anda.
  5. Hubungkan dompet Anda dengan mitra DeFi StraitsX: DFX, Uniswap, dan Zilswap untuk ditukar ke aset digital lainnya.
  6. Atau Anda juga bisa mendapatkan reward dari liquidity pool XSGD atau XIDR Anda.

Catatan: Jika Anda adalah individu atau institusi dengan nilai entitas tinggi, Anda dapat memanfaatkan fitur OTC Desk StraitsX yang menawarkan likuiditas tinggi dan perdagangan blok OTC.


Ready to get started?

Mint and redeem StraitsX stablecoins, manage payments, view transactions and more.